wisata hobby dan lingkungan hidup

Jumat, 22 September 2017

MALANG BATU 2 : JATIM PARK, MUSEUM ANGKUT, ALUN-ALUN

Pagi ini setelah selesai breakfast di hotel kami siap siap untuk menuju kota Batu yang berjarak sekitar 20 kilometer dari kota malang. Perjalanan dengan naik taksi ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit. Kota Batu menjadi prioritas penting bagi acara wisata kami karena kota ini sangat maju dalam pariwisata. Kota Batu terlihat sangat serius dengan pengembangan pariwisata. Di kota tersebut terdapat berbagai pilihan tempat rekreasi yang menarik, seperti Jawa Timur (Jatim) Park  1, Jatim Park 2. Jatim Park 1 terdiri dari Museum Tubuh dan Sience dan Coaster park. Sedangkan Jatim Park 2 mencakup Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Disamping juga terdapat hotel-hotel. Masih ada lagi yang sedang dikembangkan di kota Batu, yaitu Jatim Park 3 yang rencananya akan memiliki wahana rekreasi seperti : Dino Park, The Legend Star dan Music Gallery. Di kota ini juga terdapat wisata petik buah apel, ataupun Batu Night Spectacular yang terkenal dengan keindahan taman lampion. Keindahan Batu Night Spectacular dapat kita nikmati saat mengunjungi tempat itu pada malam hari. Ada lagi yang juga menarik, yaitu Museum Angkut.
Jadi pada pagi itu kami berangkat dari hotel sekitar pukul 08.30 menuju kota Batu. Objek wisata pertama yang kami kunjungi adalah Jatim Park 2, yaitu mengunjungi Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Pukul 09.30 Wahana wisata tersebut sudah terlihat ramai dengan pengunjung yang antri di pintu masuk. Untuk masuk ke dua wahana tersebut (Zoo dan Museum) hanya akan memerlukan satu tiket, yaitu sebesar Rp 120.000, per orang, dengan discount 30 % untuk hari senin sampai kamis, atau Rp 84.000,- per orang.

Batu Secret Zoo
Batu Secret Zoo yang merupakan kebun binatang, namun dibuat dengan sangat menarik. Area kebun binatang yang bersih, tertata rapi, hewan-hewan yang unik dan sehat. Konsepnya kebun binatang namun dengan letak berdekatan dan lokasi kandangnya berurutan. Diseling dengan tempat istirahat, food court, permainan dan asyiknya lagi berbagai tempat disana bisa dipakai untuk berfoto-foto, untuk selfi, termasuk juga berbagai binatang yang menarik.
Batu Secret Zoo dilengkapi berbagai sarana rekreasi untuk melengkapi binatang yang ada, antara lain komidi putar (Carousel), kolam renang, rumah hantu (horror house), permainan air “river adventure” berupa perahu sampan lengkap dengan “Kapal Nabi Nuh”, aquarium, binatang yang ada juga keren abis, penyewaan sepeda listrik, berbagai restoran dan fast food, savannah, tiger land (bermacam harimau), wahana Octopus. Juga ada water park, food court, masjid dan arena bermain anak-anak.
Batu Secret Zoo
Begitu masuk Zoo langsung kami disuguhkan suasana kebun binatang yang berbeda dengan kebun binatang yang biasa, kandang-kandang yang rapih dan bersih dan menampilkan binatang-binatang yang unik dengan informasi yang menarik. Misalnya ada monyet berkepala singa, kura-kura raksasa dan berbagai binatang yang sering kami lihat di National Geography. Salah satu binatang eksotis , contohnya adalah Pygmy Marmoset (Cebuella pygmaea) yang merupakan sejenis kera terkecil di dunia, namun kera tersebut mampu melompat sampai setinggi 5 meter serta dapat mampu memanjat pohon layaknya tupai. Hewan tersebut berasal dari Brazil. Makan serangga dan buah-buahan. Sedang habitat aslinya adalah hutan cemara dan tepi sungai.
Hanya sebesar tikus
Salah satu koleksi binatang yang sangat menarik di Zoo ini dan mendapat perhatian pengunjung untuk difoto-foto adalah kumpulan burung flamingo. Burung yang banyak berasal dari benua Amerika Dan Afrika tersebut mempunyai ciri khas yaitu sering berdiri dengan satu kaki. Dengan warna yang indah yaitu merah menyala, satwa tersebut sungguh sangant menarik. Ternyata warna merah tersebut baru timbul setelah satwa tersebut dewasa. Sedangkan saat mereka baru menetas dari telur warnanya abu-abu. Warna merah dan cerah tersebut timbul karena asupan beta karoten yang terkandung pada makanan mereka, seperti udang.
Red Cuban Flamingo
Tempat Selfi
Watussi

Di bagian savanah (hewan-hewan dari padang rumput di Afrika) kita bisa melihat antara lain Watussi (Boss watussi watussi) yang merupakan hewan asli dari benua Afrika. Watussi memiliki tanduk yang sangat besar dapat mencapai 2,4 m dari ujung ke ujung. Yang dipergunakan untuk pertahanan. Hewan ini dapat memiliki berat antara 410- 730 kg.
Kapal nabi Nuh
Water Park

Museum satwa :
Gedung museum satwa bersebelahan dan masih nempel dengan zoo. Jadi kami keluar zoo, langsung masuk dulu ke gedung museum satwa. Berbagai awetan hewan-hewan besar dari seluruh dunia. Termasuk harimau, singa, ular, gajah, gajah raksasa (mammoud), jerapah, kuda nil, zebra, singa, harimau. Awetan tersebut berada dalam kaca dan didekorasi sesuai dengan habitat yang sebenarnya. Kita dapat melihat beruang kutub di tengah salju atau singa di hutan afrika.
Museum Satwa
Hewan liar
Foto dengan "Gajah"
Museum Angkut
Selesai menikmati berbagai objek yang ada di Batu Secret Zoo dan Museum satwa, maka kami mengunjungi Museum Angkut. Yang terletak tidak jauh dari Jatimpark 2. Museum angkut ini adalah museum aneka transportasi dari berbagai dunia yang digabung dengan pasar apung. Museum yang berada pada gedung bertingkat tiga ini sangat besar sehingga memerlukan waktu yang lama untuk mengelilinginya. Yang sangat menarik di tempat ini adalah terdapat banyak bermacam mobil mewah dan mobil antic yang dipamerkan, termasuk juga motor, pedati, kereta api, kendaraan perang, juga pesawat terbang, helicopter.
Beberapa hall memajang berbagai koleksi kendaraan dari masa ke masa. Termasuk mobil mobil mewah. Juga ada pesawat kepresidenan dengan poster besar pak Habbibie di dalam pesawat tersebut. Di dalam pesawat tersebut kita bisa bebas berpose dan berfoto termasuk juga berfoto di dalam cockpit pesawat.


Museum Angkut
Bagian lain dari Museum Angkut terdapat berbagai bangunan yang ditata dengan rapih dengan thema-thema yang menggambarkan beberapa kota di dunia. Misalnya Paris, kota gangster Chicago. Istana Kerajaan Inggris, Menara Eiffel. Pelabuhan Jakarta, Broadway Holiwood, Istana Buckingham,
Naik Vespa

Citra dan Tyas jadi Pilot
Alun-alun Batu
Hari sudah sore, setelah puas mengunjungi Museum Angkut kamipun menuju ke alun-alun kota Batu yang letaknya tidak terlalu jauh dari Museum Angkut. Di sisi alun-alun tersebut terdapat jalan yang ramai dengan berbagai penjual makanan. Sebelum masuk ke alun-alun kamipun singgah di salah satu warung yang ada. Warung makanan yang sudah terkenal tersebut adalah Pos Ketan. Di tempat tersebut kami memesan dan menikmati Ketan Duren dan minuman jeruk manis sebelum masuk ke alun-alun.
Pos ketan
Selesai makan ketan, saat itu sekitar pukul 17.00, kami memasuki alun-alun. Kami ingin mencoba untuk naik ferish wheel, ternyata wahana ferish wheel tersebut sedang istirahat, dan baru akan dibuka kembali pukul 18.30. jadi sambil menunggu pukul 18.30 kami duduk-duduk menikmati keindahan alun-alun tersebut. Di tempat itu terdapat berbagai permainan, antara lain air mancur, taman bunga, komedi putar, ferish wheel.
Ferish wheel
Alun-alun tersebut cukup rapih dan terawat, dengan pohon yang rindang, terdapat tugu buah apel ukuran besar yang menjadi lambang kota batu sebagai daerah penghasil buah apel. Dengan tempat duduk yang nyaman, serta adanya berbagai lampion yang memeriahkan suasana pada saat hari mulai gelap, dengan keindahan lampu yang berwarna warni, antara lain lampion sapi, singa dan lain-lain. Termasuk juga air mancur yang terlihat semakin indah dengan terpaan cahaya lampu warna-warni.
lampion sapi
Akhirnya menjelang pukul 19.00 kami berempat naik ferrish wheel. Seru juga diputar oleh “roda” ferish wheel naik ke puncak nya. Dari ketinggian tersebut kami bisa melihat suasana sekeliling kota Batu pada malam hari, dengan berbagai cahaya lampu dari bangunan-bangunan yang ada, serta pemandangan gunung-gunung yang mengelilingi kota wisata tersebut. Acara naik ferrish wheel tersebut merupakan acara terakhir wisata kami hari itu. Selanjutnya sekitar pukul 20.00 kami keluar dari alun-alun, dan naik taksi, kembali ke hotel di kota Malang.
----------------------------------