wisata hobby dan lingkungan hidup

Minggu, 22 April 2018

SANTAI DI TAMAN SEJARAH KOTA BANDUNG

Taman-taman di Balaikota Bandung

Ada beberapa taman di balaikota Bandung. Yang paling dekat dengan BPG adalah taman sejarah. Di taman ini terdapat relief sejarah Bandung di era Wiranatakusumah, Tempat yang bagus untuk belajar bagi warga Bandung yang ingin mengetahui sejarah kotanya. Disini terdapat juga lukisan wajah walikota-walikota Bandung pada kaca-kaca.Kata pengunjung yg pernah kesana malam hari, taman sejarah lebih indah dilihat pada malam hari. Tidak jauh dari taman sejarah jalan sedikit masuk ke area Balai Kota , akan bertemu dengan taman labirin . Selanjutnya taman Balai Kota, taman ini bisa menjadi sarana bermain anak-anak diantaranya sepatu roda. Terdapat kolam dengan patung ikan, sekilas ikan-ikannya terlihat seperti melompat dari kolam. Dekat dengan patung ikan tersebut ada  Taman Badak dan tidak jauh dari situ ada gembok cinta dengan tulisan “Love” besar di atasnya.

Setelah melewati taman badak, masuk ke taman yang ditandai oleh patung Dewi Sartika yaitu Taman Dewi Sartika. Di depan patung terdapat lapangan yang cukup luas. Banyak yang main sepatu roda juga di sana. Di sisi lain taman ada semacam alat untuk fitness. Sekarang katanya juga ada beberapa kandang binatang.  Taman selanjutnya yaitu Taman Tepian Anak Sungai Cikapayang, yang merupakan hasil revitalisasi Sungai Cikapayang di Jl. Merdeka. Trotoarnya dibenahi, tamannya ditambah fasilitas kursi dan lampu hias, trus sungainya ditata sehingga bisa jadi tempat main air. Terakhir taman Vanda yang lokasinya di luar kawasa Balai Kota.

Taman balai kota Bandung dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang kebutuhan pengunjungnya, diantaranya adalah tempat duduk, toilet dan musholla. 

Santai di Taman
Taman Sejarah
Disebut Taman Sejarah karena di sini kita bisa mengenal para walikota dan bupati Bandung sejak zaman kolonial ,biografi singkatnya, serta kontribusinya terhadap kota Bandung. Yang menjabat walikota Bandung diantaranya B.Coops dari tahun 1913 sampai 1928, R.A. Atmadinata tahun 1942 sampai 1945 dan Ridwan kamil tahun 2013- sekarang.

Foto Walikota dari masa ke masa
Di sudut lain taman, ada panel relief panjang yang mengisahkan Sejarah Bandung di Era Wiranatakusumah, dimulai dari Raden Adipati (R.A.) Wiranatakusumah II yang dianggap sebagai pendiri kota Bandung

Action .......  lompat !!!
Taman labirin
Salah satu spot paling hits didalamnya yaitu Taman Labirin. Di dalam taman labirin ini terdapat jalur berliku selebar setengah meter. Jalur ini melingkari dua buah pohon trembesi besar yang konon berusia 100 tahun. Pohon ini merupakan  pohon penyerap CO2 , jenis pohon besar dengan ketinggian hingga 20 meter dan tajuknya yang sangat lebar. Pohon ini mempunyai jaringan akar yang luas mempunyai batang yang besar, bulat dan tinggi antara 10-20 meter. Terdapat empat buah pintu keluar yang dibuat agar pengunjung yang datang tidak hanya dapat menikmati keindahan taman namun juga bisa masuk menjelajahi taman dari empat sisi berbeda

Salah satu sisi labirin
Tulisan     : Tati Artiningrum
Foto-foto : Mahasiswa Fakultas Teknik Perencanaan dan Arsitektur UNWIM
------------------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.