wisata hobby dan lingkungan hidup

Minggu, 22 April 2018

FAKULTAS TEKNIK UNWIM KE BANDUNG PLANNING GALLERY


Masih dalam rangkaian kunjungan lapangan Fakultas Teknik Perencanaan dan Arsitektur Universitas Winaya Mukti (UNWIM) kamis 12 April 2018, acara selanjutnya setelah kunjungan ke PDAM Tirtawening Kota Bandung, rombongan Fakultas Teknik Perencanaan dan Arsitektur yang terdiri dari prodi Teknik Lingkungan, PWK dan Arsitektur mengunjungi salah tempat wisata edukasi berupa gallery tercanggih saat ini di Indonesia, yaitu Bandung Planning Gallery ( BPG) yang  terletak di Jalan Aceh No.36, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, tepatnya di bekas gedung DPRD Kota Bandung.

BPG ini sebenarnya adalah merupakan bentuk  kebijakan publik pemkot Bandung untuk memberikan Informasi berupa program pembangunan kota Bandung hingga 30 tahun kedepan. Setelah mengunjungi BPG para pengunjung dapat memahami masa lalu , memahami tantangan dan problematika pada masa sekarang dan menjadi bagian bersama pemerintah menuju bandung yang lebih baik.
Masuk ke dalam gedung, terdapat lobby area yang merupakan tempat resepsionis memberikan informasi umum. Di  area  yang nyaman ini terdapat video pengenalan seputar informasi Bandung Planning Gallery. dan instalasi cable car  yang rencananya akan menjadi salah satu transportasi masa depan di Bandung. Disini kami mendapat pengarahan mengenai awal didirikannya, berbagai fasilitas yang ada oleh salah seorang arsitek yg ikut merancang ruangan- ruangan yang juga merupakan salah satu dosen tetap di Fakultas Teknik UNWIM.
Penjelasan berbagai fasilitas BPG
Foto dengan "Kang Emil"
Masuk ke  ruangan utama ,kita bisa menyaksikan maket besar, yang menampilkan gambaran rencana pengembangan pembangunan kota bandung dengan melihat projeksi video mapping canggih di dalam maket. Teknologi yang digunakan untuk mendapatkan informasinya adalah dengan tekonologi layar sentuh,sehingga saat kita menyentuh apa yang ada di layar, maka seketika itu kita bisa melihat dengan lengkap informasi apa yang ditampilkan lewat video mapping tersebut.
Ruangan selanjutnya menampilkan Kota Bandung dari masa ke masa. Pada Spot Bandung masa kini, kita dapat mengetahui informasi mengenai luas wilayah, jumlah penduduk,  pencapaian dan tantangan ke depan.
Bandung dari Masa ke Masa
Rencana pengembangan kota Bandung
Pada ruangan selanjutnya kita dapat mengetahui rencana pengembangan Smart City dan Urban Mobility. Dapat dilihat melalui 6 buah layar video melihat konsep kota pintar dan model transportasi. Di dalam video tersebut kita bisa melihat penjelasan seputar konsep umum, tahapan pembangunan serta cita–cita masyrakat dengan rencana program tersebut.untuk proyek Urban Mobility, tengah dikembangkan transportasi monorel, bus trans metro bandung, skybridge (Cable car) dll.
Salah satu ruangan yang menarik adalah  area Bandung Teknopolis, sebuah ruangan perencanaan untuk bandung menjadi Word Class City. Tujuan dari pembuatan ruangan ini  para pengunjung bisa mengetahui seputar program dan rencana pembangunan proyek di kota bandung, misalnya pembangunan area, sarana dan prasarana serta infrastruktur yang akan dibangun di kawasan Gedebage Bandung. Semua informasi kawasan Kota Teknopolis bisa diakses dengan melihat video dan layar sentuh.
Spot yang nggak kalah seru adalah Post-It Room, ruangan dengan arsitektur menyerupai kubah setengah bola yang aslinya berwarna putih. Disebut juga sebagai kubah aspirasi karena dapat menyampaikan saran dan masukan seputar impiannya akan masa depan kota Bandung dalam bentuk tempelan berbagai post-it lucu warna-warni . Ketika dikunjungi, tempelan pos-it tersebut sudah memenuhi kubah dengan berbagai warna dan tulisan-tulisan yg bukan Cuma harapan untuk kota bandung tapi juga harapan untuk diri sendiri 
Tempelkan harapan setinggi kubah aspirasi
Setelah mengunjungi beberapa spot area, akhirnya selesai kunjungan kami, sebelum meninggalkan BPG kami menyempatkan untuk berfoto sejenak bersama bapak yang sudah memandu sehingga kami mendapatkan banyak informasi.
Foto sebelum meninggalkan BPG
Tulisan : Tati Artiningrum
Foto : Mahasiswa Fakultas Teknik Perencanaan dan Arsitektur UNWIM
---------------------------------------------------------------



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.