wisata hobby dan lingkungan hidup

Sabtu, 16 Juli 2016

TEMPAT WISATA DI KARIMUNJAWA


Silahkan Klik Topik Lainnya :

Kegiatan Lingkungan dan Fakultas Teknik,  Wisata Padang Sumatra Barat,  Umroh Makkah Madinah,  Wisata Singapore,  Wisata Phuket Thailand,  Wisata Karimunjawa,  Wisata Malang Bromo,  Wisata Ende Flores,  Wisata Tidung Kepulauan Seribu,  Wisata Pangandaran,  Wisata BandungWisata Malang Batu,  Wisata Melaka Kuala Lumpur

Karimunjawa adalah nama sebuah kepulauan yang terletak di kabupaten Jepara.  Kepulauan yang terletak di pesisir pantai Utara Jawa Tengah tersebut telah ditetapkan sebagai Taman Nasional  dengan hamparan pasir putih dipantai , air laut yang jernih serta terumbu karang. Deburan air laut yang jernih, angin sepoi-sepoi dan kondisi pulau dan pantai yang alami. Sangat menyenangkan dan membuat betah pengunjung. 
Keunggulan tempat wisata Karimunjawa disamping wisata pantai dan lautnya yang mempesona, juga terdapat objek wisata di darat yang menarik untuk dikunjungi dengan jarak tidak berjauhan. Dengan demikian para pengunjung dapat sekaligus menikmati berbagai lokasi wisata air laut, pantai dan jelajah di darat dalam satu kali perjalanan.
Halo Karimunjawa
Berikut adalah tempat wisata menarik di kepulauan Karimunjawa yang dapat dikunjungi untuk mengisi waktu berlibur anda : 

1.     Pulau Menjangan Besar
Pulau Menjangan besar merupakan lokasi wisata yang cocok untuk memacu adrenalin atau menguji keberanian anda. Di pulau yang merupakan lokasi penangkaran ikan hiu, selain dapat menonton ikan-ikan hiu hilir mudik di dalam kolam, jika berani pengunjung juga dapat ikut berenang bersama ikan-ikan buas tersebut.
Di pulau Menjangan besar juga terdapat berbagai kolam dengan satwa-satwa laut yang beraneka macam. Pengunjung dapat masuk ke kolam dan berfoto dengan kura-kura, ikan buntal, ikan hiu pari serta bintang laut. Untuk berenang bersama di kolam dengan ikan-ikan hiu biayanya Rp 15.000,- per orang. Sedang berenang dan berfoto dengan kura-kura, ikan buntal, ikan hiu pari dan bintang laut, biayanya Rp 3.000,-.
Berenang bersama hiu
Dengan bintang laut



2.     Pulau Menjangan Kecil
Pulau Menjangan Kecil adalah pulau kecil yang dipisahkan oleh sebuah selat dengan lebar antara 2 sampai 3 km dari pulau Menjangan besar. Di tepi pantai pulau menjangan kecil tersebut wisatawan dapat melakukan aktivitas snorkeling melihat keindahan terumbu karang dan ikan-ikan laut.
Kenapa nama pulau tersebut menjangan besar dan menjangan kecil ? konon dahulu pulau tersebut banyak dihuni oleh menjangan. Menjangan atau rusa tersebut berenang dari satu pulau ke pulau lain untuk mencari rumput yang sedang hijau. Saat ini pulau menjangan besar merupakan pulau berpenghuni dan menjadi tempat penangkaran hiu dan ikan lain, sedang pulau menjangan kecil merupakan salah satu dari 22 pulau tidak berpenghuni di Karimunjawa.
Terumbu karang

Snorkling

3.     Pulau Cemara Kecil
Pulau Cemara Kecil berjarak sekitar 12 km dari Menjangan kecil. Jarak tersebut ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dengan perahu motor. Pulau Cemara kecil hanya pulau kecil dan tidak berpenghuni. Namun pada siang hari pulau tersebut biasanya sangat ramai dengan berbagai perahu dan wisatawan yang singgah. Pulau Cemara kecil memang biasa dipakai untuk tempat beristirahat siang dan makan siang. Umumnya setiap perahu membawa bekal nasi serta ikan segar. Di pulau tersebutlah tempat untuk berkumpul istirahat , serta mempersiapkan makan siang dengan membakar ikan-ikan yang telah dibawa.
Pulau Cemara kecil cocok sebagai tempat beristirahat karena pantainya yang bersih, putih dan landai. Disamping menjadi tempat beristirahat dan makan siang, wisatawan dapat berkeliling pantai, berfoto-foto, serta berenang. Di pulau Cemara Kecil juga warung-warung yang menyediakan minuman kelapa muda, kopi atau mi instant. Satu kelapa muda utuh dan segelas kopi dibandrol seharga Rp 20.000,-.
Merapat di Cemara Kecil

4.  Tanjung Gelam
Tanjung gelam merupakan pantai yang masih terletak di pulau utama Karimunjawa terkenal ombak yang kecil dan pantai berpasir putih. Di pantai tersebut cukup banyak perahu wisatawan yang merapat untuk bermain air,  berenang atau sekedar berjalan-jalan. Tanjung Gelam juga merupakan tempat yang indah untuk diabadikan mengambil foto-foto.
Salah satu spot yang banyak diabadikan dan menjadi favorit adalah pohon kelapa miring. Biasanya rombongan berfoto dengan beberapa orang memanjat pada kelapa miring tersebut. Sedangkan seorang berdiri dibawahnya, mengangkat  tangan, seolah-olah mengangkat pohon kelapa dengan orang-orang di atasnya.
Di pantai Tanjung Gelam terdapat jongko-jongko yang menjual gorengan, kopi, mi instan dan kelapa muda. Jongko-jongko tersebut banyak diserbu wisatawan yang beristirahat dan menikmati suasana pantai yang indah.

Pantai Tanjung Gelam

Pohon kelapa miring

5.  Bukit Joko Tuwo
Joko Tuwo adalah julukan yang diberikan kepada seekor ikan paus yang pernah terdampar di pulau Karimun Jawa. Kerangka ikan paus yang panjangnya sekitar 7 meter tersebut kemudian dikumpulkan dan diletakkan ke sebuah bukit yang selanjutnya disebut Bukit Joko Tuwo.
Bukit tersebut terletak di ketinggian pulau karimunjawa. Dari tempat ini kita dapat melihat keindahan pelabuhan, daerah permukiman, pulau dan laut yang terletak di sisi Barat pulau karimunjawa seperti menjangan besar dan menjangan kecil. Bukit tersebut merupakan tempat ideal untuk menikmati indahnya matahari terbenam (sunset).
Kerangka Joko Tuwo

Pemandangan dari bukit Joko Tuwo

6.  Bukit Love
Bukit Love , adalah suatu spot yang juga terletak di ketinggian pulau Karimunjawa. Dari bukit tersebut dapat dilihat pemandangan pulau karimunjawa secara luas. Kekhususan bukit tersebut adalah tugu dengan tulisan “Love” untuk tempat mengambil foto dengan latar belakang tugu dan perbukitan. Bukit ini terletak di dusun Jati Kerep. Lokasi tugu “Love” tersebut menjadi favorit  untuk tempat berfoto serta tempat melihat sunset pada sore hari.
Bukit Love

7.  Tracking Mangrove
Di Karimunjawa kita juga dapat menikmati wisata menyusuri hutan mangrove (tracking mangrove). Lokasi tracking hutan mangrove ini dapat dicapai lewat jalan darat dari desa Karimunjawa (ibukota Kecamatan) dengan jarak sekitar 15 km arah ke Utara dan waktu tempuh kendaraan bermotor setengah jam. Lokasi tracking mangrove sebenarnya terletak pada pulau yang berbeda dengan pulau Karimunjawa, yaitu pada pulau Merician. Namun kedua pulau ini hanya dipisahkan oleh jembatan sepanjang sekitar 10 meter dan banyak ditumbuhi mangrove, sehingga tidak terlihat sebagai selat.
Untuk menikmati wisata tracking, dibangun jalan yang terbuat dari papan untuk menelusuri hutan mangrove. Di ujung jalur yang penuh dengan pohon mangrove sepanjang sekitar satu kilometer, terdapat tempat yang lebih terbuka dan berada didekat pantai. Di tempat tersebut dibangun menara kayu yang bertingkat empat untuk tempat memandang panorama sekitar. Dari menara kayu yang sangat indah tersebut kita dapat melihat jauh baik kearah laut,bukit, pantai atau gunung.
Track Mangrove

Menara pandang

-------------------------------------------------


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.